[PENGMAS 2022] Budidaya Tanaman Aquaponic di Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an

Pada hari Minggu, 26 Juni 2022 telah dilakukan program pengabdian masyarakat yang dilakukan di Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an. Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an merupakan sebuah lembaga pondok pesantren mandiri setara D3 yang terletak di Cimenyan, Kabupaten Bandung. Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an mengkhususkan diri menjadi sebuah pondok pesantren modern yang mandiri dengan ketahanan pangan. Pada Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an, selain pendidikan agama dan pendidikan yang dikhususkan kepada Tahfidz Al Qur’an, para mahasantri juga dibekali kemampuan wirausaha, manajemen, dan pengelolaan pangan. Pengelolaan pangan dilakukan dengan mengelola kebun sayur, kebun cengkeh, kolam ikan, dan peternakan ayam secara mandiri.

Pada Lembaga Tahfidz Tunas Qur’an, terdapat kebutuhan untuk pengelolaan air dan lahan secara lebih efektif. Lahan yang luas dalam lingkungan pesantren belum banyak diberdayakan dengan baik. Saat ini sudah ada system perkebunan dan peternakan tradisional yang dikelola yang dapat ditingkatkan dengan kegiatan aquaponic. Dalam pengembangannya, pesantren mengalami kesulitan antara lain karena ketiadaan alat aquaponic, instalasi system eksisting tidak berfungsi dengan baik, jadwal pemberian pakan ikan yang manual, dan sistem sirkulasi air yang kurang lancar.

Sebagai solusi dari masalah-masalah tersebut, Prodi S1 Teknik Komputer yang diwakili oleh Dr. Yudha Purwanto, Muhammad Faris Ruriawan, dan Fairuz Azmi melakukan perancangan dan instalasi sistem aquaponic di lingkungan pesantren.

Instalasi dilakukan dalam dua tahap, yaitu tanggal 23 dan 30 Juni 2022. Tetapi sayang, pada tanggal-tanggal tersebut, santri sudah libur sehingga jumlah peserta yang terlibat hanya 12 orang warga pesantren. Instalasi tidak dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan karena pada kunjungan pertama, didapati kolam ikan untuk aquaponic tidak dapat difungsikan. Kolam bocor dan tidak dapat menampung air. Untuk itu, diperlukan kunjungan kedua setelah perbaikan kolam ikan.

Pada kunjungan pertama, semua peralatan aquaponic diinstalasi. Peralatan yang dibeli, dirakit Bersama-sama dengan pengelola pesantren untuk memberikan ilmu instalasi yang benar dan dapat memperbaiki sendiri bila nantinya ada kerusakan. Instalasi aquaponic tahap 1 ini meliputi dua perangkat aquaponic @80 lubang, dengan total 160 lubang. Dua pompa digunakan untuk sirkulasi air dikedua set perangkat. Setiap set diberikan pot hidroponik dan kain kasa. Tahap selanjutnya diberikan penjelasan tentang sistem persemaian benih dalam media rockwool, hingga nantinya tanaman siap untuk dipindahkan ke set aquaponic. Percampuran pupuk berupa pupuk AB Mix juga dijelaskan, terutama untuk perbedaan jenis pupuk untuk setiap tanaman daun dan buah.

Pada kunjungan kedua, kolam ikan sudah diperbaiki, sehingga dua perangkat aquaponic dapat diinstalasikan ke kolam ikan yang diharapkan sudah baik (tidak bocor). Dalam kunjungan kedua ini, tim melakukan instalasi automatic fish feeder untuk memudahkan operasional pemberikan pakan ikan. Pakan ikan juga diberikan ke pihak pesantren, untuk tahap awal perkembangan ikan sebelum pembibitan tanaman pada rockwool bisa dipindahkan ke sistem aquaponic. Seperangkat alat pertanian juga diberikan untuk kelancaran dan kenyamanan operasional pertanian aquaponic.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.