Pengenalan dan Diskusi Peta Aplikasi Interaktif v1.0 Untuk Desa Wisata Alamendah

Pengenalan dan Diskusi Peta Aplikasi Interaktif v1.0 Untuk Desa Wisata Alamendah

Desa Alamendah merupakan salah satu Desa agronomi termaju yang terdapat di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dimana mayoritas mata pencaharian penduduknya berupa bertani dan berdagang. Desa Alamendah memiliki banyak sekali wisata yang berpotensi mendapatkan banyak pengunjung, namun informasi potensi ini tidak dapat diakses dengan mudah oleh publik. Selain, letak titik wisata di desa Alamendah pun belum tergambarkan sehingga sulit untuk benar-benar mengidentifikasi letak titik tersebut. Permasalahan tersebut didapatkan atas hasil survey dan wawancara yang dilakukan oleh tim Universitas Telkom terhadap Ikatan Pemuda pengelola Desa wisata Alamendah pada bulan September 2020. Permasalahan ini merupakan permasalahan utama yang dihadapi oleh pengelola desa wisata Alamendah dan sangat berpengaruh pada potensi kedatangan pengunjung yang pada akhirnya pun sangat mempengaruhi pergerakan dan pertumbuhan perekonomian desa wisata alamendah.

 

Potensi Wisata Alamendah

Potensi Wisata Desa Alamendah

Potensi Wisata Desa Alamendah

Potensi Wisata Desa Alamendah

 

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim dari Universitas Telkom yang terdiri dari dosen di Program Studi S1 Informatika, Program Studi S1 Teknologi Informasi, dan Program Studi S1 Teknik Komputer menawarkan solusi berupa pembuatan Travel Platform yang memberikan informasi berbasis peta untuk mendorong pertumbuhan perekonomian berkelanjutan di desa wisata Alamendah. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan yang pertama adalah survei dan data collecting, kemudian tim melakukan perancangan dan pengembangan aplikasi yang akan dihibahkan kepada pengelola desa wisata Alamendah dan tahapan ketiga adalah tahapan dokumentasi dan publikasi terhadap hasil kegiatan dimana mencakup pembuatan video profil aplikasi, video dokumentasi kegiatan dan publikasi umum.

Pengambilan Latitude dan Longitude Lokasi Wisata Desa Alamendah

Kegiatan Pengambilan Data Latitude dan Longitude Titik Wisata 

Kegiatan tahap 2 ini telah selesai dilaksanakan hingga minggu kedua bulan April 2021. Aplikasi aplikasi dapat diakses di alamat www.alamendah.travelmap.id. Tim Universitas Telkom telah melakukan pertemuan online di Bulan April 2021 untuk memperkenalkan aplikasi peta versi 1 dan diskusi untuk peningkatan atau perbaikan aplikasi.  Pertemuan ini dihadiri oleh tim pengelola desa wisata Alamendah yang diwakili oleh Wendi Alamsyah, Aep Wiguna, dan Ari Syahrul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.