[Pengabdian Masyarakat] PELATIHAN LITERASI KOMPUTER UNTUK SISWA DI MA AL MUKHLISIN BOJONGSOANG TAHUN 2019

[Pengabdian Masyarakat] PELATIHAN LITERASI KOMPUTER UNTUK SISWA DI MA AL MUKHLISIN BOJONGSOANG TAHUN 2019

Pada tanggal 2 November 2019 , Tim Dosen dari Kelompok Keahlian Rekayasa Komputer dibawah Program Studi S-1 Teknik Komputer Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat  dengan mitra MA AL MUKHLISIN Bojongsoang. Kegiatan ini mengangkat tema “Pelatihan Literasi Komputer Untuk Siswa Di MA Al Mukhlisin Bojongsoang ” dipimpin langsung oleh dosen program studi Teknik komputer  yaitu Burhanudin Dirgantoro yang beranggotakan Ashri Dinimaharawati.

MA Al Mukhlisin Bojongsoang berlokasi sangat dekat dengan kampus Universitas Telkom. Kondisi sarana dan prasarana sekolah cukup baik, dan sudah melaksanakan Ujian Negara Berbasis Komputer sendiri. Namun, dalam pelaksanaan belajar mengajar, tidak diberikan literasi Komputer, sehingga kemampuan terhadap pemanfaatan teknologi komputer cukup terbatas. Demikian juga dengan kemampuan literasi guru-gurunya yang jarang menggunakan bantuan komputer untuk mengajar dan bekerja. Sementara itu, teknologi informasi terus berkembang dan sudah selayaknya kekmampuan ini ditingkatkan pada pendidikan menengah.

Gambar 1. Lokasi MA AL Mukhlisin

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian civitas akademik terhadap kepekaan sosial dan pengembangan ilmu pengetahuan pada lingkungan sekitar Universitas Telkom. Sehingga tim dosen dan mahasiswa  mengadakan sebuah pelatihan literasi komputer kepada siswa MA Al Mukhlisin. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya teknologi informasi kepada tenaga pengajar dan siswa di sekolah tersebut. Untuk melatih keterampilan siswa kegiatan ini memfokuskan pelatihan dalam pembuatan riwayat hidup dan surat lamaran. Karena pelatihan tersebut menjadi bekal bagi siswa untuk persiapan dalam dunia kerja.

Gambar 2. Persiapan Tim Asisten Laboratorium SEA

Gambar 3. Kondisi saat Pelatihan

Partisipasi siswa dalam kegiatan ini ialah 36 orang didampingi oleh asisten dari SEA sebagai pengajar. Pelatihan berjalan dengan baik siswa dapat mengikuti tahap demo tahap dalam pelatihan. Hasil kegiatan ini dievalusi melalu kuesioner yang diisi oleh siswa pada pelatihan Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari siswa yang mengikuti pelatihan. Selain itu, siswa mendukung untuk diadakannya kembali kegiatan – kegiatan seperti ini. Kegiatan ditutup dengan foto bersama siswa dan pengajar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =