Home » Learning Outcomes

Learning Outcomes

Program Studi S1 Sistem Komputer ditujukan menghasilkan lulusan yang memiliki capaian pembelajaran (Learning Outcome/LO):

SIKAP sebagai berikut :

a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. Pendidikan luas yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi teknis di dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan social. (ABET)

c. Pemahaman terhadap tanggung jawab secara professional dan beretika (ABET)

d. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

PENGETAHUAN sebagai berikut :

a. Kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains, dan rekayasa.(ABET)

b. Kemampuan menganalisis, merancang, dan  membangun (meng-coding) sistem perangkat lunak untuk sistem berbasis mikro komputer dan jaringan komputer

c. Kemampuan merancang Jaringan Komputer dan Sistem Keamanan Komputer

d. Kemampuan merancang dan membangun sistem multimedia

KETERAMPILAN UMUM sebagai berikut :

a. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data. (ABET)

b. Kemampuan untuk merancang sebuah sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dalam batasan konstrain yang realistik, seperti ekonomi, lingkunan, social, politik, kesehatan dan keselamatan, kelayakan manufaktur, dan keberlanjutan. (ABET)

c. Kemampuan untuk berperan di dalam team multi disiplin. (ABET)

d. Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah kerekayasaan. (ABET)

e. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. (ABET)

f.  Pengakuan akan kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam belajar seumur hidup. (ABET)

g. Pengetahuan isu-isu kontemporer. (ABET)

h. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keterampilan, dan peralatan modern, yang diperlukan untuk praktek dalam rekayasa. (ABET)

KETERAMPILAN KHUSUS sebagai berikut :

a. Kemampuan merancang sistem komputer (Hardware/embedded system), sistem-sistem sederhana berbasis mikrokomputer dan jaringan computer

b. Kemampuan merancang dan membangun sistem cerdas dan robotika

c. Kemampuan untuk Komputasi Bergerak (Mobile Computing System) pada jaringan global