Workshop Menembus Jurnal Internasional

DSC_0016

Bandung, Tel-U. Salah satu langkah untuk meningkatkan jumlah dosen untuk meraih Jabatan Fungsional Akademik (JFA)di lingkungan Fakultas Teknik Elektro (FTE) Tel-U, dengan mengadakan workshop mengenai bagaimana membuat publikasi hingga tembus Jurnal Internasional. Seluruh dosen FTE beserta dosen dari berbagai fakultas di Tel-U ikut menghadiri acara ini, yang bertempat di Gedung Barung pada Kamis (16/10). Mendatangkan pembicara seorang Professor of Computer Engineering dari Universitas Indonesia yaitu Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc.,MM.

Salah satu syarat agar seorang dosen dapat meraih atau kenaikan tingkat JFA dari Dikti yaitu dengan mempublikasikan jurnal ilmiah. Diharapkan para dosen ini dapat membuat jurnal tidak hanya di tingkat nasional namun jurnal internasional. Karya ilmiah di jurnal internasional yang diusulkan dalam kenaikan jabatan akan di periksa apakah terindeks di laman Thomson ISI Knowledge atau di Scopus SJR Journal Ranking atau Microsoft academic search. Apabila ditemukan di salah satu laman tersebut maka akan memenuhi kriteria sebagai jurnal internasional.

Dibutuhkan pelatihan trik dan tips penulisan jurnal atau publikasi ilmiah internasional yang sangat diperlukan karena pada saat ini di di kalangan FTE masih sedikit dosen yang telah menembus jurnal internasional. Seperti kata Dr. Rina Pudji Astuti selaku dekan FTE dalam sambutannya “Ini momen yang berharga untuk sharing dengan Prof. Riri mengenai bagaimana dapat menembus jurnal internasional serta meningkatkan kemampuan seseorang dalam menulis tanpa stres.”

Jurnal internasional tidak hanya untuk JFA semata tapi juga untuk cangkupan universitas agar menjadi ranking world class university. “Masalah utama yang banyak saya temui di berbagai universitas di indonesia untuk menuju world class university itu dari jumlah publikasi dosen yang masih minim” kata Prof. Riri. Beliau menyarankan untuk mengikuti sistematika/organisasi penulisan yang benar dan ikuti aturan yang ada dalam melakukan penelitian di bidang teknologi dan mempublikasikannya. Untuk lebih lengkap dapat dilihat di sini.

Publikasi jurnal internasional yang diterbitkan di sejumlah jurnal yang kredibel dengan jumlah yang signifikan, berkualitas tinggi dengan kebaruan atau inovasi tiada henti dan bermanfaat secara langsung umumnya kepada masyarakat merupakan suatu aset pula bagi universitas. Kebiasaan menulis terutama menulis ilmiah merupakan budaya unggul yang harus dimiliki dosen, selain mengajar dan pengabdian kepada masyarakat. (Ramdi/Sekpim FTE)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + = 10