Foto Bersama Perserta, Panitia dan Pembicara

IOS Seminar 2014

IOS (Interaktive Overclocking Seminars) merupakan salah satu kegiatan yang mengupas seluk beluk overclocking mulai dari perkembangan teknologi terkini hingga mini kompetisi Overclocking. Acara ini di persembahkan oleh Laboratorium Sistem Komputer untuk para mahasiswa universitas Telkom yang berlokasi di Multimedia Learning Center Universitas Telkom, Sabtu (22/11/2014).

Harapan saya setelah acara ini diselenggarakan, dapat terus dikembangkan minat dibidang Overclocking. Semoga dapat terbentuk komunitas Overclocking yang berada di bawah Prodi Sistem Komputer dan didukung oleh berbagai pihak baik khususnya dalam bentuk perangkat”, tutur Aziz Maulana Arham selaku Ketua Panitia IOS 2014.

Pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya
Pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya

Acara ini dihadiri oleh Kaprodi Sistem Komputer Bapak M.Nasrun,Ssi.,M.T., beberapa dosen prodi Sistem Komputer, perwakilan dari pihak P.T ASUSINDO SERVISTAMA dan Telkom PDC, serta para peserta dari berbagai jurusan Universitas Telkom. Dalam sambutannya Bapak M.Nasrun,Ssi.,M.T. mengatakan bahawa ”Kami dari pihak Prodi sangat mendukung kegiatan seperti ini. Kegiatan ini harus terus dikembangkan. Para mahasiswa Prodi Sistem Komputer kedepannya diharapkan dapat berperan langsung dalam mendesain perangkat PC yang lebih baik lagi.”

Sambutan dari Kaprodi Sistem Komputer Bapak M.Nasrun,Ssi.,M.T.
Sambutan dari Kaprodi Sistem Komputer Bapak M.Nasrun,Ssi.,M.T.

Pada sesi 1 acara ini dikemas dalam bentuk seminar yang dibuka oleh perwakilan dari P.T ASUSINDO SERVISTAMA yaitu Bapak Setyo Ryanto yang juga membicarakan lini-lini produk motherboard ASUS yang teknologinya update. Kemudian pemaparan yang lebih mendalam mengenai “Techno Update dan Haswell Overview” disampaikan oleh Bapak Rekky yang merupakan salah satu master Overclocking di Indonesia, salah satu prestasinya adalah Juara MOA (Master Overclocking Arena) 2008 di Taipei. Dalam seminar ini ditunjukkan update dari teknologi komputer dan teknologi prosessor terbaru yaitu Haswell-E. Output dari sesi seminar yaitu peserta dapat memiliki gambaran umum tentang perkembangan komputer dan dapat mengoptimasi kinerja komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Seminar oleh Bapak Rekky
Seminar oleh Bapak Rekky

Talkshow yang ada pada sesi selanjutnya menghadirkan tim OC 44 sebagai narasumber yang kemampuanya juga teruji pada kejuaraan overclocking nasional yaitu event AOCT (Ameteur Overclocking Tournament). Anggota tim OC44 yang adalah Pasha Aulia, R.Bayu.S dan Ivan Dwi L. Pada talkshow kali ini membicarakan bagaimana cara menjadi seorang overclocker dan juga teknik-teknik yang diperlukan. Pada acara Talkshow kali ini juga terdapat demo untuk menunjukan cara overclocking yang di pandu oleh Pasha Aulia dan Hendika yang juga merupakan anggota tim OC 44.

Talkshow oleh Tim OC 44
Talkshow oleh Tim OC 44
Suasana Mini Kompetisi
Suasana Mini Kompetisi
Pembagian Hadiah Mini Kompetisi
Pembagian Hadiah Mini Kompetisi

Acara seminar yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini memasuki sesi yang terakhir yaitu sesi Demo Extreme dan juga mini kompetisi. Disesi ini antusias peserta sangat meningkat karena terdapat demo Overclocking dengan menggunakan liquid nitrogen sebagai pendingin tambahan karena proses overclocking yang sangat tinggi. Demo ini dipandu oleh Bapak Rekky dan Anggota tim OC44 yaitu R.Bayu.S dan Adnan. Demo ini menggunakan perangkat motherboard ASUS ROG Z97 Maximus series yang mempunyai kemampuan overclocking dan gaming yang baik, Processor yang digunakan intel Pentium anniversary edition, Ram Team Dark 8Gb, HSF Enermax serta PSU Enermax 500W. Kemudian acara dilanjutkan dengan mini kompetisi bagi para peserta IOS 2014. Banyak sekali peserta yang ingin mengikuti mini kompetisi ini, namun hanya 8 perserta terpilih yang berhak mingikutinya. Kedelapan pesererta dibagi dalam 4 tim dan didampingin oleh perwakilan tim OC 44. Dalam kompetisi ini, tidak hanya para peserta yang antusias, para penonton juga dibuat penasaran ingin mengetahui siapa pemenang dari kompetisi ini. Setelah 45 menit berlalu maka pemenang dari kompetisi ini adalah Respatiadi dan Indrawan Risangaji. (hanu/dewi/Lab Sk)

Foto Bersama Perserta, Panitia dan Pembicara
Foto Bersama Perserta, Panitia dan Pembicara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 17 = 18