Home » History

History

History 

Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STTTelkom) didirikan oleh Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi dan Manajemen Telekomunikasi atau disingkat Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) pada tanggal 28 September 1990. STTTelkom didirikan untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang informasi dan Telekomunikasi (Infokom) yang terampil dan berwawasan bisnis sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri infokom yang begitu pesat. Fakultas Elektro dan Komunikasi merupakan pengembangan dari Departemen Teknik Elektro, yang merupakan departemen terbesar di dalam Institut Teknologi Telkom dilihat dari sumber daya manusia (Mahasiswa, Dosen, alumni) maupun dari sisi jumlah laboratorium, maupun dari kerjasama yang telah dijalin. Departemen Teknik Elektro didirikan seiring dengan berdirinya STT Telkom pada tahun 1990, yang sebelumnya bernama Jurusan Teknik Elektro. Pada saat itu Departemen Teknik Elektro hanya membuka 2 (dua) buah program Studi yaitu Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi dan D3 Teknik Telekomunikasi. Pada tahun 2007, Jurusan Teknik Elektro berubah nama menjadi Departemen Teknik Elektro.

Upaya pengembangan Departemen Teknik Elektro terus dilakukan. Pada tahun 2007 diberi kepercayaan untuk membuka  Program Studi baru, yaitu Program Teknik Elektro dan Teknik Komputer, berdasarkan SK Mendikbud No. 108/D/T/2007, tanggal 16 Januari 2007 kedua Program Studi tersebut diberi status ijin Operasional. Sehingga Departemen Teknik Elektro memiliki 5 (Lima) Program Studi yaitu :

  1. Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi
  2. Program Studi S1 Teknik Elektro
  3. Program Studi S1 Teknik Komputer
  4. Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi
  5. Program Studi S2 Teknik Elektro

Seiring dengan perubahan status Institusi dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom menjadi Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) pada tanggal 27 Nopember 2007, dan seiring dengan penambahan program studi di lingkungan Departemen Teknik Elektro maka pada tanggal 1 Pebruari 2009 Departemen Teknik Elektro berubah status menjadi Fakultas Elektro dan Komunikasi. Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI Nomor 270/E/O/2013 Tentang Penggabungan Politeknik Telkom, Institut Teknologi Telkom, dan Institut Manajemen Telkom yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom Menjadi Universitas Telkom di Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, maka Prodi Sistem Komputer berada di Fakultas Teknik Universitas Telkom. Pada bulan April 2014 terjadi pemekaran Fakultas Teknik Universitas Telkom menjadi 3 Fakultas yaknik Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, dan Fakultas Informatika. Oleh karena itu Fakultas Teknik Elektro memiliki 5 (lima) Program Studi yaitu :

  1. Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi
  2. Program Studi S1 Teknik Elektro
  3. Program Studi S1 Sistem Komputer
  4. Program Studi S1 Teknik Fisika.
  5. Program Studi S2 Teknik Elektro